jenis" website
Rabu, 27 Februari 2013 @ 03.37 | 0 comments



Website merupakan suatu media yang berada di jaringan Internet yang beisi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Di internet, orang bisa memposting apasaja, bebas. Namun sebetulnya sudah ada pengklasifikasian khusus mengenai fungsi dan informasi yang terkandung di dalam website tersebut.
Dilihat dari segi kontennya, website terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Website Statis
Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang yang mengerti mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman website. Website jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang disampaikan ditulis langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang diupdate misalnya Company Profile.
2. Website Dinamis
Website dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen dengan kata lain, sudah menerapkan sistem Content Management System untuk informasi yang disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten pada halaman website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman. Melihat dari segi fungsionalitasnya, website seperti inilah yang sekarang banyak digunakan.
Website dinamis, menurut fungsi dan informasi yang disampaikannya terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya :
a. Website Company Profile
Meskipun banyak website company profile dibuat dengan website statis, namun seiring perkembangan zaman sekarang ini, website company profile sudah beralih dari asalnya statis menjadi website dinamis. Untuk keperluan apa website company profile dibuat dinamis? salah satu alasannya supaya data informasi bisa diubah seketika, tidak perlu menghire/menyuruh seorang web programmer untuk mengupdate informasinya. Selain itu, sekarang ini website company profile sudah terhubung ke situs lain seperti jejaring sosial, fungsinya supaya website tersebut lebih banyak dan lebih mudah diketahui oleh publik.
Contoh website company profile yaitu : www.indismart.co.id
b. Website Mesin Pencari
Website mesin pencari yaitu suatu website yang menyediakan fasilitas untuk mencari data diinternet (di website lain khususnya) berdasarkan keyword/kata kunci yang kita inputkan. Website seperti ini mempunyai peranan sangat penting dalam mengumpulkan informasi.
Contoh website mesin pencari diantaranya : www.google.com. www.yahoo.com
c. Website Portal
Website jenis ini merupakan jenis website yang menyediakan link ke website lainnya. Dengan kata lain website ini merupakan website yang isinya merupakan informasi link ke website lainya, link-link tersebut sudah termanajemen dengan baik sehingga memudahkan pengunjung mencari link ke situs lainnya. Fungsinya hampir sama dengan website mesin pencari, namun ruang lingkupnya lebih sempit lagi.
d. Websie Blog
Fungsi blog sebetulnya adalah tempat si pemilik blog menuangkan ide tulisan dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di internet. Atau bisa juga merupakan catatan buku harian, pengalaman si pemilik blog. Selain itu, blog juga bisa digunakan sebagai media untuk menyamaikan tutorial terhadap suatu metode atau jalan keluar suatu permasalahan.
Contoh website jenis ini diantaranya : www.indi-smart.com/blog, www.indi-smart.com/tutor
e. Website Networking
Pengertian networking disini adalah jaringan, sama halnya dengan mencipatakan “kenalan” didunia nyata, hanya medianya adalah online. Situs seperti ini sekarang sedang marak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet. Fungsi dari website jenis ini adalah untuk membentuk komunitas, koneksi atau kenalan di dunia nyata, tanpa terbatas oleh ruang maupun waktu.
Contoh website jenis ini yaitu : www.goesmart.com, www.facebook.com, dll
f. Website Forum
Website forum merupakan website yang berfungsi untuk mendiskusikan suatu permasalah. Atau bisa juga digunakan untuk memposting suatu metode atau tata cara terhadap penyelesaian suatu masalah. Website seperti ini banyak digunakan pengguna internet saat ini, selain untuk memcari/menyebarkan informasi website jenis ini juga kadang digunakan untuk berniaga kepada para pengguna forum tersebut.
Contoh website jenis ini yaitu : www.kaskus.com, www.forum.tempointeraktif.com
g. Website Berita
Sesuai dengan judulnya, website ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara cepat dan akurat. Informasi/berita yang disampaikan bisa sangat beragam, diantaranya politik, pendidikan, otomotif bahkan sampai gosip.
Contoh website jenis ini yaitu : www.detik.com, www.kompas.com dll
h. Website galeri
Fungsi utama dari website jenis ini adalah sebagai media penyimpanan file berupa gambar di internet. Apa kebelihan dengan menyimpan file gambar milik kita diinternet ? tentusaja karena kita bisa membagikan link foto galeri kita ke user lain / orang lain di internet.
Contoh website jenis ini yaitu : picasa.google.com, instagram.com, dll
i. Website e-Commerce
e-Commerce atau perdagangan online merupakan website yang menyediakan informasi mengenai barang atau jasa secara online. Website jenis ini merupakan representasi dari cara penjualan secara real dan dituangkan dalam bentuk online. Kelebihan dari website jenis ini yaitu pemilik website mempunyai cakupan pasar yang luas, bahkan global.
Contoh website jenis ini yaitu : ebay.com, www.indi-smart.com/store
j. Website e-Learning
e-Learning merupakan kepanjangan dari electronic learning, jika dialih bahasakan pengertiannya adalah proses belajar melalui media elektronik. Media elektronik disini adalah konten pembelajaran yang ada di website, jadi fungsi website tersebut menyimpan materi maupun bahan pembelajaran secara online. Pengguna bisa mengakses materi/informasi tersebut kapan saja dan dimana saja.

Why don't I ever get sick of you !
"How can i explain this feeling ?"

<$BlogItemBody$>